Barang Habis Pakai

Posted on : Juni 20, 2014 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |
Analisis Pelaksanaan Pendistribusian Barang Habis Pakai
ABSTRAK
Laporan dari ruangan bahwa logistik yang diajukan dengan yang diterima tidak sesuai dengan ajuan, sehingga berdampak pada kegiatan-kegiatan yang dilakukan sering kali mengalami kekurangan. Hasil wawancara dengan salah satu petugas bagian penyakit dalam Rumah Sakit mengatakan bahwa petugas gudang mendistribusikan barang atau alat sering tidak sesuai dengan pesanan, seperti pemesanan ATK ruangan yang diminta 5 rim kertas, namun yang diberikan hanya 3 rim kertas, sehingga pada saat pendistribusian Barang Habis Pakai, tidak sesuai dengan yang dibutuhkan atau kurang dari yang seharusnya diminta ruangan. Penelitian ini bertujuan diketahui Pelaksanaan Pendistribusian Barang Habis Pakai di RSUD dr. M. Yunus Bengkulu.
Jenis dan rancangan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 4 orang dengan teknik pourposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini yaitu kualitatif  yang meliput Data reduction, Data display, dan Data conclusion drawing/verification. Teknik Keabsahan Data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses Administrasi petugas logistik pada saat melaksanakan permintaan barang administarsinya masih kurang, proses penyampaian berita dengan ruangan, proses pengeluaran fisik barang memberikan informasi barang ke petugas dengan menyelesaikan administrasinya, Proses angkutan dalam melakukan penditribusian disesuaikan dengan jumlah barang yang didistribusikan,  Proses pembongkaran dan pemuatan dilakukan oleh pihak penyuplai dan pelaksanaan sering tidak sesuai dengan rencana.
Kesimpulan bahwa Pelaksanaan Pendistribusian Barang Habis Pakai di RSUD dr. M. Yunus Bengkulu sudah berjalan cukup efektif dan efisien.
Kata Kunci: Pendistribusian, Barang Habis Pakai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd