GAMBARAN POLA MAKAN PADA BALITA GIZI BURUK

Posted on : Juli 3, 2014 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

 

ABSTRAK
 

Data pola makan balita gizi buruk yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Bengkulu  Tahun tahun 2011 jumlah balita gizi buruk dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2011 sebanyak 11 orang anak menderita gizi buruk. Penelitian ini bertujuan Untuk melihat gambaran Pola Makan Pada Balita Gizi Buruk Di Kota Bengkulu.
Jenis penelitian ini adalah Kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Ibu yang mempunyai balita gizi buruk sebanyak 11 orang. Aktivitas dalam analisis data kualitatif  yaitu: Data reduction, display dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan jenis bahan makanan dan pola pemberian makanan pada anak belum baik dan sebagian ibu kesulitan dalam memberi makanan pada anaknya.
Bagi Petugas Gizi Dinas Kota Bengkulu dapat melakukan penyuluhan tentang pengolahan makanan, kebiasaan jajan anak, penimbangan berat badan dan penyakit penyerta, agar ibu yang memiliki anak balita gizi buruk dapat terpantau perkembangannya oleh petugas gizi.
Bagi ibu yang mempunyai balita gizi buruk diharapkan dapat memperbaiki pengolahan bahan makanan yang salah, sehingga zat gizi bahan makanan tidak hilang sewaktu diolah dan dimasak.
Kata Kunci: Pola Makan, Gizi Buruk
Daftar Pustaka : 2000-2011

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd