HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DENGAN PERILAKU PEMASANGAN IMPLANT OLEH BIDAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS

Posted on : Juli 3, 2014 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

 ABSTRAK

Standar pelayanan kebidanan berguna dalam menerapkan norma dan tingkat kinerja yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Penerapan standar pelayanan akan sekaligus melindungi masyarakat, karena penilaian terhadap proses dan hasil pelayanan dapat dilakukan dengan dasar yang jelas. Dengan adanya standar pelayanan yang dapat dibandingkan dengan pelayanan yang diperoleh, maka masyarakat akan mempunyai  kepercayaan yang lebih mantap terhadap pelaksanaan pelayanan kebidanan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Pengetahuan Bidan tentang SOP dan gambaran Perilaku Bidan dalam Pemasangan Implant serta untuk mengetahui hubungan Pengetahuan tentang SOP dengan Perilaku Bidan dalam Pemasangan Implant.
Penelitian ini merupakan penelitian ini deskriptif analitik dengan menggunakan desain cross sectional.  Populasi penelitian semua bidan yang melaksanakan tindakan pemasangan implant yang berjumlah 44 orang.Sampel dalam penelitian ini diambil secara total populasi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat yang bertujuan untuk mengetahui gambaran distribusi masing-masing variabel penelitian dan Analisis bivariat bertujuan untuk melihat hubungan variabel independent dan variabel dependent dengan menggunakan uji statistik adalah uji chi square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 44 Bidan yang dijadikan responden ditemukan 14 bidan (31.8%) berpengetahuan kurang dan dari 44 Bidan yang dijadikan responden ditemukan 13 bidan (29.5%) berperilaku tidak sesuai SOP serta ada hubungan pengetahuan tentang SOP dengan Perilaku Pemasangan Implant oleh Bidan di Wilayah Kerja Puskesmas Sukamerindu Kota Bengkulu.
Kepada Puskesmas hendaknya dapat memberikan pelatihan tentang SOP pemasangan Implant kepada Bidan, sehingga pengetahuan bidan meningkat, apabila pengetahuan bidan meningkat, maka bidan  dapat berprilaku sesuai SOP pemasangan Implant dalam melayani masyarakat.
Kata Kunci: Pengetahuan, SOP, Implant
Daftar Bacaan: 2001-2010

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd