PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN PERKOTAAN

Posted on : Desember 14, 2014 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN PERKOTAAN (P2KP) DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

RINGKASAN

Di Propinsi Bengkulu Program PNPM-P2KP mulai digulirkan pada tahun 2007, Program ini menitik beratkan pada partisipasi masyarakat dan mewujudkan masyarakat yang berdaya, mandiri dan berkelanjutan. Pra survei peneliti di lapangan dengan masyarakat kelompok kerja komputer mengatakan, pelaksanaan Program P2KP belum berjalan secara optimal, hal ini dikarenakan setiap dana P2KP yang dikuncurkan dalam pelaksanaan kegiatan harus ada uang setoran kepada pengurus P2KP Kelurahan dan Pengawas, sehingga biaya untuk pelaksanaan kegiatan menjadi tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan Untuk Mengevaluasi Pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengarah pada penggunaan metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian Faskel, Lurah, Ketua P2KP Kelurahan, dan masyarakat yang terlibat didalam kegiatan-kegiataaan P2KP di kelurahan-kelurahan di Kecamatan Muara Bangkahulu dan Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Pengambilan informan dalam penelitian menggunakan teknik snowball sampling. anaalisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan (verifikasi).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) di Kecamatan Muara Bangkahulu dan Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu dari tahun 2007 hingga tahun 2010, yakni: Hasil menunjukkan Program Pengentasan Kemiskinan Di Perkotaan (P2KP) yang dilaksanakan di Kecamatan Muara Bangkahulu dan Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu dari tahun 2007 hingga tahun 2010 bidang lingkungan sudah berjalan dengan baik dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dalam hal peningkatan pengahasilan mereka dalam setiap bulannya, dan hal pengembangan masyarakat (sosial) belum berjalan dengan maksmimal, di bidang pemberian santunan beasiswa banyak yang tidak tepat sasaran, pemberian santunan untuk penyandang cacat belum dilaksanakan, dan pemberian santunan porang tua jompo belum dapat membantu untuk menopang kebutuhan para panti jompo tersebut, karena bantuan yang diterima hanya setahun sekali dan nilai uang yang diberikan belum bisa menopang perekonomian orang tua jompo serta bidang ekonomi berjalan dengan cukup baik, waluapun masih terdapat kekuranganya. Hal ini dikarenakan pemberian bantuan kelompok usaha bersama untuk membuat usaha tidak dilakukan pertimbangan yang matang dalam hal keberhasilan usaha yang akan dibuat, selama ini asal kelompok tersebut memenuhi syarat dan memberikan fee, akan diberikan bantuan, sehingga ada kelompok usaha bersama yang tidak berhasil seperti steam jasa cuci motor dan dagang pecal lele. Selain itu juga para pelaksana P2KP ini masih belum memiliki kesadaran yang tinggi, hal ini dikarenakan pera pelaksana P2KP ini ingin mencari keuntungan di program P2KP ini, seperti komputer untuk usaha bersama yang seharusnya di buat untuk rental, tapi pada kenyataannya di bagi kepada pengelola program P2KP.

Saran dalam penelitian ini yakni: Pemerintah maupun fasilitator P2KP perlu meningkatkan koordinasinya dengan masyarakat sasaran program agar pelaksanaannya tidak salah arah, dan Perlu adanya sosialisasi kebijaksanaan terhadap pelaksanaan P2KP sehingga tidak terjadi tumpang tindih antara keinginan masyarakat dengan kebutuhan masyarakat, serta diharapkan agar dari pihak pemerintah baik pemerintah tingkat atas maupun pemerintah Kelurahan sendiri lebih meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat dalam semua program pengentasan kemiskinan dengan melakukan pemantauan dalam pelaksanaannya, sehingga program P2KP ini tidak disalahgunakan oleh pengelola dan masyarakat.

Kata Kunci: Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan, Kesejahteraan Masyarakat

1) Mahasiswa
2) Pembimbing Utama
3) Pembimbing Pendamping

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd