DISIPLIN KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL

Posted on : Januari 25, 2015 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ANALISIS DISIPLIN KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA BIRO ORGANISASI DAN TATA LAKSANA SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI

 

ABSTRAK
Permasalahan lain yang terjadi di lingkungan Biro Organisasi Dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu sendiri sering terjadi pelanggaran berkaitannya dengan pelanggaran disiplin PNS, namun pelanggaran yang sering terjadi adalah sering terlambatnya Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu masuk kantor dan tidak hadir tanpa keterangan pada jam kerja. Kondisi di atas merupakan salah satu indikasi masih rendahnya disiplin kerja Pegawai Negeri Sipil dalam menjalankan kewajiban dan mematuhi larangan yang ada pada Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Disiplin Pegawai pada Biro Organisasi Dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, Informan dalam penelitian PNS Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu yaitu: 1 orang Kepala Biro, 1 orang Kepala Bagian, 3 Orang Kepala Sub Bagian, dan 2 orang staf sebagai subyek dalam penelitian dengan melakukan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tehnik analisis induktif yaitu untuk melakukan abstraksi setelah rekaman fenomena-fenomena khusus dikelompokkan menjadi satu. Tahapan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari, Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan). Teknik keabsahan data triangulasi sumber dan triangulasi teknik

Hasil penelitian bahwa disiplin kerja pegawai Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu masih rendah, hal ini tercermin dari masih adanya pegawai yang tidak masuk kerja tanpa keterangan, terlambat datang ke kantor, kurang memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan dan tidak taat pada peraturan pekerjaan.

Kepada Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu hendaknya dapat menerapkan sanksi yang tegas pada pegawai yang sering tidak masuk tanpa keterangan, sering terlambat masuk kerja, dan kurang memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan. Selain itu diharapkan dapat dilakukan pembinaan pembinaan kepeda pegawai yang tidak disiplin maupun tidak mentaati peraturan pekerjaan yang ada.

Kata Kunci: Disiplin, Kehadiran, Ketaatan Peraturan Kerja, Ketaatan Prosedur Kerja, Tingkat Kewaspadaan Tinggi, Bekerja Etis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd