Hubungan Cara Menyikat Gigi Terhadap Kesehatan Gigi Anak

Posted on : November 16, 2015 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ABSTRAK

Permasalahan penelitian ini diangkat dari kondisi nyata di instansi tempat penelitian ini. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Cara Menyikat Gigi berhubungan terhadap Kesehatan Gigi Anak Pada SD Negeri 16 Seluma Kecamatan Seluma Kota Kabupaten Seluma. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Cara Menyikat Gigi dengan Kesehatan Gigi Anak Pada SD Negeri 16 Seluma Kecamatan Seluma Kota Kabupaten Seluma.

Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data-data dengan metode pengumpulan data berupa kuisioner dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa di SD Negeri 16 Seluma. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 sebanyak 43 orang. Sedangkan untuk menganalisa hubungan l Cara Menyikat Gigi berhubungan terhadap Kesehatan Gigi Anak Pada SD Negeri 16 Seluma Kecamatan Seluma Kota Kabupaten Seluma Koefisien korelasi dan uji t.

Hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa Cara menyikat gigi anak di SD Negeri 16 Seluma sudah baik, hal ini didasarkan kepada pendapat 38 orang responden yang menyatakan baik dan 5 orang responden yang menyatakan kurang baik. Kesehatan gigi anak di SD Negeri 16 Seluma sudah baik, hal ini didasarkan kepada pendapat 23 orang responden yang menyatakan baik dan 20 orang yang menyatakan kurang baik. Hubungan cara menyikat gigi terhadap kesehatan gigi pada anak di SD Negeri 16 Seluma Kecamatan Seluma Kota Seluma berdasarkan perhitungan r= 0,403 termasuk korelasi kuat dan uji t diperoleh t hitung 2,8 apabila dihubungkan dengan t tabel pada tingkat kepercayaan 95% diperoleh 1,684. Berarti t hitung > t tabel.

Kata Kunci : Cara Menyikat Gigi, Kesehatan Gigi Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd