UPAYA PEMERINTAH DALAM PENGEMBANGAN POTENSI KEPARIWISATAAN

Posted on : Februari 26, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ABSTRAK

Upaya strategi pemerintah daerah untuk pengembangan Kepariwisataan dalam jangka pendek yaitu dengan meningkatkan tempat rekreasi Pantai Pasar Bawah dengan alasan karena tempat wisata ini mudah di jangkau oleh masyarakat karena dekat dengan pusat kota sehingga dari kalangan anak muda hingga orang tua sering mengunjungi tempat wisata ini setiap harinya. Sedangkan untuk jangka panjangnya yaitu meningkatkan dan mengembangkan objek-objek wisata yang belum dikembangkan akan tetapi memiliki daya tarik untuk dikunjungi. Disamping itu, ada yang menjadi agenda tahunan kegiatan objek wisata ini yaitu lomba rally rakit yang merupakan wisata minat bakat, sedangkan lomba arung jeram hanya dilakukan sewaktu-waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan Dalam Pengembangan Potensi Kepariwisataan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengarah pada penggunaan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian pegawai Bidang Pariwisata Dinas Perhubungan, Komunikasi Informatika, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 55 orang dengan menetapkan atau menunjuk secara langsung (purposive sampling). Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT, yakni suatu metode yang menganalisis faktor-faktor yang dimiliki oleh organisasi.

Hasil penelitian menunjukkan Pemerintah Kabupaten Selatan hendaknya melakukan upaya untuk meningkatkan pengembangan potensi kepariwisataan dengan melakukan upaya ST yaitu: Memperbaiki fasilitas penunjang keperiwisataan yang rusak dan menjalin kerjasama kepada investor untuk mendirikan bisnis perhotelan di area objek kepariwisataan.

Kata kunci : Pembangunan Daerah, Kebijakan Bengkulu Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd