Metode Analisis Data Kualitatif

Posted on : Maret 24, 2016 | post in : METODELOGI PENELITIAN |Leave a reply |

Analisis Data

Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis induktif yaitu untuk melakukan abstraksi setelah rekaman fenomena-fenomena khusus dikelompokkan menjadi satu. Tahapan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat alur kegiatan yang terjadi bersamaan, yaitu: pengumpulan data, analisis data secara keseluruhan, tampilkan data dan simpulan. Verifikasi merupakan proses siklus dan interaktif sehingga dilakukan secara berulang-ulang sampai ditemukan jawaban masalah yang diteliti.

Secara kualitatif analisis terhadap data yang terkumpul dengan penelitian tentang Pelaksanaan Tugas Satuan Polisi Pamong Praja dalam penertiban umum  dilakukan dengan model interaktif . Analisis data dalam model ini terdiri dari empat komponen yang saling berinteraksi, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Langkah-langkah analisis data model interaktif ini dapat di jelaskan sebagai berikut :

  1. Reduksi data. Merangkum, memilih hal-hal pokok, memfokuskan hal-hal yang penting dicari tema dan polanya, dengan reduksi maka peneliti merangkum, mengambil  data yang pokok dan penting. Reduksi data pada penelitian ini merupakan proses pemilihan, pemusatan perhatian, pengabstraksian dan pentransformasian data kasar dari lapangan.
  2. Penyajian data. Penyajian data dapat dilakukan dalam bentuk narasi, sehingga data yang diperoleh tersusun dalam pola hubungan sehingga lebih mudah untuk dipahami. Penyajian data memberikan kemungkinan untuk menarik kesimpulan dan pengambilan   tindakan.   Bentuk   penyajian bisa   berupa   teks  naratif  yang dikelompokkan menjadi satu kelompok atau lebih sesuai dengan rumusan masalahnya.
  3. Penarikan kesimpulan (verifikasi). Data yang diperoleh dari reduksi dan display dipilih mana yang akan diambil dan mana yang akan kita buang sehingga didapatkan data  konflik peran. Tahap analisis data yang terakhir adalah menarik kesimpulan atau verifikasi. Makna-makna yang muncul dari data harus selalu diuji kebenarannya dan kesesuaiannya sehingga validitasnya terjamin.

Keabsahan Data

Pengujian keabsahan data akan memanfaatkan peneliti, sumber, metode dan teori, yaitu melakukan triangulasi kejujuran peneliti, triangulasi dengan sumber data, trangulasi dengan metode, dan triangulasi dengan teori. Penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data triangulasi teknik dan triangulasi sumber, sebagai berikut:

  1. Triangulasi Sumber. Triangulasi sumber digunakan untuk menguji kredebilitas data yang dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh dari beberapa sumber.
  1. Triangulasi Teknik. Triangulasi teknik digunakan untuk menguji kredibilitas data. Triangulasi teknik dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd