Hidroulik

Posted on : Maret 25, 2016 | post in : TEORI TEKNIK |Leave a reply |

Pengertian Hidroulik Secara Umum

Hidroulik adalah pergerakan-pergerakan pengaturan dan pengendalian dimana, berbagai gaya dan gerakan yang diperoleh dengan bantuan tekanan suatu zat cair (air, minyak, atau glaserin).

Kebanyakan proses produksi menuntut pemindahan objek atau bahan dari satu tempat ke tempat lain, atau membutuhkan gaya untuk menahan, membentuk, atau menekan suatu produk. Kegiatan-kegiatan semacam itu dilaksanakan oleh penggerak mula.

Dibanyak tempat penggerak mula yang digunakan adalah penggerak elektrik. Gerakan berputar dapat diberikan oleh motor-motor sederhana dan gerakan linier dapat diperoleh dari gerakan berputar yang dilakukan seperti dongkrak ulir.

Meskipun demikian penggerak elektrik bukanlah satu-satunya sarana untuk menghasilkan penggerak mula. Fluida dalam tempat tertutup (baik cairan maupun gas) juga dapat digunakan untuk mentransfer energi dari satu tempat ketempat lain. Sistem berbasis fluida yang menggunakan cairan sebagai media transmisi dinamakan sistem hidroulik.

Prinsip dasar Hidroulik

Hukum dasar hidroulik adalah hukum pascal dan hukum Newton, hal ini dipakai berhubungan dengan hidraustatistika yang berbunyi :

  1. Jika suatu zat cair dalam arah manapun menerima sebuah tekanan luar, maka tekanan ini akan menyebar secara merata kesemua arah.
  2. Besarnya tekanan dalam zat cair (air / minyak) adalah sama dengan gaya (F) di bagi oleh besarnya bidang tekan (A).

Gaya setelah dialihkan zat cair akan meningkat sebanding dengan bilangan perbandingan dari bidang-bidang torak yang dibebani (F2=F1, A2/A1).

Prinsip kerja Hidroulik secara umum

Minyak yang terhisap oleh pompa yang tersekap dalam ruangan tertutup dan dilepas melalui ruang tekan selanjutnya keluar melalui outlet, minyak yang bertekanan mengalir menuju katup (valve) kontrol untuk selanjutnya diarahkan kelubang tekan di dalam silinder, sehingga minyak melakukan tekanan ke segala arah sehingga piston terdorong searah tekanan minyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd