Metode Sosiologi

Posted on : Maret 25, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN,Science |Leave a reply |

Dalam usaha mengumpulkan data yang dapat menghasilkan temuan-temuan baru dalm sosiologi, para ahli sosiologi perlu memperhatikan tahap penelitian, yang saling berkaitan secara erat. Sebelum memulai suatu usaha penelitian seorang ahli sosiologi terlebih dahulu harus melakukan tinjauan terhadap bahan-bahan pustaka agar dapat mengetahui temuan-temuan yang sebelumnya.
Setelah pertanyaan penelitian dirumuskan, peneliti dituangkan dalam suatu metode penelitian yang akan digunakannya. Dalam ilmu-ilmu sosial dikenal berbagai metode pengumpulan data, seperti metode survai serta beberapa metode nonsurvai seperti metode riwayat hidup, studi kasus, analisis isi, kajian data yang telah di kumpulkan oleh pihak lain, dan eksperimen.

Metode penelitian yang dipergunakan ahli sosiologi sering terkait dengan teori dan paradigm sosiologi yang dianutnya. Menurut Ritzer masalah apa yang akan di teliti seorang peneliti, pertanyaan peneliti yang akan diajukannya, caranya mengajukan pertanyaan penelitian, dan aturan yang diikutinya dalam menafsirkan temuan penelitinya ditentukan oleh ditentukan oleh paradigm yang dianut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd