Robot Tipe dan Karakteristik

Posted on : Maret 27, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN,Technology |Leave a reply |

robot

Robot

Kata Robot berasal dari bahasa Czech “ROBOTA” yang artinya pekerja budak. Istilah robot dikenalkan oleh Karel Capek pada tahun 1921. Penggunaan kata robot dikenalkan oleh Capek dengan menjadikannya kata itu nama perusahaannya, Rossum Universal Robot (RUR) pada bulan Januari 1921.

Perbedaan mendasar dari Mekatronika dan Robotika adalah dari derajat kebebasan geraknya. Derajat Kebebasan atau DOF (Degree of Freedom) dari peralatan/mesin yang didefinisikan sebagai mekatronika maksima[1].

Tipe Robot

Berdasarkan kegunaannya maka robot dapat dibedakan menjadi beberapa kategori sebagai berikut.

  1. Turtle robot. Diciptakan tahun 1970-an, nama turtle diambil dari bentuknya yang mirip kura- kura.
  1. Vehicle. Robot jenis ini berbentuk seperti kendaraan beroda dan bergerak seperti mobil. Perbedaanya dengan mobil adalah kemampuan teprogram (programmable) dan sensor-sensornya.
  1. Rover. Bentuk robot ini cenderung pendek dan juga dilengkapi roda seperti vehicle, contohnya R2D2 dalam film star wars. Robot jenis ini juga dilengkapi dengan beberapa fungsi seperti kemampuan untuk mendeteksi api atau mendeteksi objek.
  1. Walker. Robot jenis ini tidak di lengkapi dengan roda sseperti jenis vehicle dan rover melainkan bergerak dengan menggunakan kaki. Biasanya robot ini berbentuk mirip serangga dan dilengkapi dengan enam kaki.
  1. Appedange (arm). Robot ini berupa lenganyang biasanya digunakan untuk mengambil dan memindahkan barang. Lengan ini dapat terpasang pada robot yang bergerak atau pada sebuah tempat yang statis.
  1. Android. Robot ini didesain menyerupai bentuk manusia dan mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi dengan manusia[1].

Karakteristik Robot

Umumnya sebuah robot memiliki karakteristik

  • Sensing : Robot harus mendeteksi lingkungan sekitarnya (halangan,panas, suara, dan image)
  • Mampu Bergerak : Robot umunya mampu bergerak dengann menggunakan kaki atau roda dan pada beberapa kasus robot diharapkan dapat terbang atau berenang.
  • Cerdas Robot memiliki kecerdasan buatan agar dapat memutuskan aksi yang tepat dan akurat.
  • Membutuhkan energi yang memadai : Robot membutuhkan catu daya yang memadai agar unit pengontrol dan aktuator dapat menjalankan fungsinya dengan bak.

Komponen sistem robot manipulator umunya ditampilkan pada Gambar 2.1. sistem robot manipulator terdiri dari input, sensor catu daya, lengan mekanis, perangkat gripper, prosesor, dan memory program.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd