Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku – The Relationship of Knowledge with to Behavior

Posted on : Maret 28, 2016 | post in : TEORI KESEHATAN |Leave a reply |

Pengetahuan merupakan sesuatu yang sangat penting untuk terbentuknya tindakan seseorang, selanjutnya tindakan yang didasari dengan pengetahuan akan lebih abadi dibandingkan dengan tindakan yang tidak didasari dengan pengetahuan (Notoatmodjo, S 2006). Sedangkan Menurut Simatupang (2008) kurangnya keterampilan dan pengetahuan  bidan  dapat  menyebabkan  hal  yang  sangat  fatal  dalam penyelamatan seorang ibu. Bidan adalah tenaga yang paling dekat pada masyarakat yang secara khusus  memberi pelayanan kebidanan kepada ibu dan  sebagai  pengambil  keputusan  terhadap seorang  klien  yang  telah mempercayakan dirinya berada dalam asuhan dan penanganan bidan.

Berdasarkan teori L. Green, bahwa perilaku kesehatan dilatarbelakangi oleh tiga faktor, (Notoatmodjo, S, 2006) yaitu:

  1. Predispossing factors, yaitu faktor-faktor pendahulu yang mengawali seseorang sebelum berperilaku. Faktor-faktor ini meliputi pendidikan, pengetahuan, sikap, persepsi, dan lain-lain.
  2. Enabling factors, yaitu faktor-faktor yang turut andil dan mendukung dalam pembentukan perilaku seseorang. Dukungan ini berupa ketersediaan sarana, tempat tinggal, pendapatan, dan lain-lain.
  3. Reinforcing factors, yaitu faktor-faktor yang memperkuat dan mendorong seseorang setelah adanya faktor-faktor yang mendahului dan mendukung sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd