Seleksi Jenis Obat

Posted on : April 1, 2016 | post in : TEORI KESEHATAN |Leave a reply |

Seleksi obat program kesehatan di lakukan di tingkat pusat, yang di rumuskan oleh suatu tim terkait di lingkungan departemen kesehatan seperti Ditjen P2PL, Ditjen binkemas, Ditjen bina yanmed sebagai pengelola program, Ditjen binfar dan alkes dan instalasi terkait. Seleksi obat dapat dilakukan jika kita mempunyai data tentang pola penyakit masing-masing Provinsi dan kabupaten/kota dan berdasarkan program kesehatan yang akan dilakukan dengan menggunakan dasar seleksi obat seperti yang di kembangkan oleh WHO (Depkes, 2007).

  1. Di pilih obat yang secara ilmiah,medik dan statistik memberi efek terapeutik yang jauh lebih besar di bandingkan dengan resiko efek sampingnya.
  2. Jika hendak memasukan obat-oabat baru, harus ada bukti spesifik bahwa obat baru yang akan dipilih tersbut memang memberi efek teraautik yang lebih baik di banding obat pendahulunya.
  3. Sediaan kobinasi hanya di pilih jika memang benar-benar memberikan efek terapi yang lebih baik dibanding obat pendahulunya.
  4. Jika alternatif pilihan obat banyak sekali, hendaknya di pilih obat-obat yang merupakan obat terpilih dari penyakit-penyakit yang memang prevalensinya tinggi.
  5. Pada saat seleksi juga harus di pertimbngkan dampak administratif dan biaya yang di timbulkan, misalnya mudah didapat,mudah disimpan dan di distribusikan, dan dosisnya yang ada sesuai dengan kebutuhan terapeutik masing-masing.
  6. Hanya dipilih obat-obat yang standar mutunya terjamin.
  7. kontraindikasi, peringatan dan efek sampng juga harus dipertimbangkan untuk menghindari resiko yang dapat terjadi populasi.
  8. Seleksi obat program di dasarkan dan di seduaikan dengan daftar obat PKD, Penyediaan obat program di depertemen kesehatan; mengacu kepada DOEN dan Obat PKD,jika obat yang di perlukan untuk program tidak tersedia pada DOEN dan obat PKD dapat merukuk kepada rekomendasi ahli dan WHO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd