Kekeruhan dan Difusi

Posted on : April 10, 2016 | post in : Electro,HASIL PENELITIAN |Leave a reply |
  • Kekeruhan

Rumus kimia air dalam lingkungan laboratorium adalah H2O. Tetapi kenyataannya di alam, rumus tersebut menjadi H2O + X, dimana X berbentuk karakteristika bilogik (bersifat hidup) ataupun berbentuk karakteristika non biologic (bersifat mati). Pengotor yang ada dalam air yang akan diolah sebelum digunakan dalam industri dapat bermacam – macam diantaranya adalah kekeruhan.

Kekeruhan adalah Ukuran yang menggunakan efek cahaya sebagai dasar untuk mengukur keadaan air baku dengan skala NTU (nephelo metrix turbidity unit) atau JTU (jackson turbidity unit) atau FTU (formazin turbidity unit), kekeruhan ini disebabkan oleh adanya benda tercampur atau benda koloid  di dalam air. Hal ini membuat perbedaan nyata dari segi estetika maupun dari segi kualitas air itu sendiri [5].

Koloid berasal dari kata “colla” (Yunani) artinya Lengket/lem, karena nampak seperti lapisan film atau dalam bentuk gelatin. Partikel – partikel koloid umumya berasal dari kwarsa (pasir), tanah liat, sisa tanaman, ganggang, zat organik dan lain-lain

Zat organik adalah zat yang pada umumnya merupakan bagian dari binatang atau tumbuh tumbuhan dengan komponen utamanya adalah karbon, protein, dan lemak lipid. Zat organik ini mudah sekali mengalami pembusukan oleh bakteri dengan menggunakan oksigen terlarut. Beberapa sifat koloid yang penting sebagai berikut

  • Difusi

Karena besarnya partikel koloid dan dispers kasar, zat ini sukar berdiffusi, jadi berbeda dengan larutan sejati. Dari kecepatan diffusi koloid partikel, temperatur, viskositas medium, dan bilangan Avogadro, Einstein dapat memperoleh rumus untuk menentukan besarnya  partkel – partikel koloid. Partikel – partikel koloid berkehendak mengendap akibat dari gravitasi. Kehendak untuk mengendap ini ditentang oleh diffuse. Pada saat kesetimbangan akan didapatkan, bahwa pada bagian bawah konsentrasi partikel koloid lebih besar. Dari kecepatan pengendapan atau sedimentasi, dapat ditentukan besar dan massa dari partikel koloid. Kecepatan pengendapan dapat diperbesar dengan memperbesar gaya gravitasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd