Tawas Al2(SO4)3

Posted on : April 10, 2016 | post in : Electro,HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

Senyawa tawas seperti KAl (SO4)2.12H2O dapat dengan mudah dijumpai dipasaran, bermanfaat pada proses penjernihan air dan industri pencelupan atau warna. Alumunium sulfat juga dapat dipakai sebagai bahan pemadam kebakaran tipe basa bersama soda NaHCO3.

Logam Alumunium Berwarna putih, mengkilat mempunyai titik leleh lebih tinggi yaitu 660ºC, titik didih 2647 ºC. Nama alumunium diturunkan dari kata alum yang merujuk pada senyawa garam rangkap (KAl) (SO4)2.12H2O. kata ini berasal dari bahasa latin yang artinya garam pasif. Logam alumunium tahan terhadap korosi udara, karena reaksi antara logam aluminium dengan oksigen udara menghasilkan oksidanya Al2O3.[8].

Logam kalium merupakan kelompok logam alkali dengan nomor atom 19, logam berwarna kepekatan, lunak, paling reaktif, dan paling elektropositif. Cepat bereaksi dengan udara, bereaksi hebat dengan air disertai dengan pelepasan H2 dengan warna nyala biru, logam ini mempunyai titik leleh 64ºC dan titik didih 766ºC serta merupakan logam yang ringan setelah litium dengan berat molekul 0,87 gr/cm3.

Kalium merupakan logam putih perak yang lunak. Logam ini melebur pada 63,5C. Ia tetap tidak berubah dalamn udara kering tetapi dengan cepat beroksidasi dalam udara lembab, menjadi tertutup dengan suatu lapisan biru, logam ini menguraikan air dengan dahsyat sambil melepas hidrogen dan terbakar dengan nyala lembayung.

2K+ + 2H2O → 2K+ + 2 OH + H2

Kelas terpenting dari logam aluminium merupakan contoh struktur dan memberikan namanya pada sejumlah besar garam adalognya yang terbentuk dengan unsur lain. Mereka mempunyai rumus umum M Al (SO4)2.12H2O, dimana M adalah kation monoatom univalen kecuali Li+ yang terlalu kecil untuk ditampung tanpa penghilangan strukturnya [8].

Dalam proses penjernihan air, biasanya tawas dicampur dengan air kapur Ca (OH)2, persamaan reaksi yang terjadi. Al 3+ (aq) + SO42- (aq) + Ca2+(aq)3(OH)→ Al(OH)3 + CaSO4(s)

Endapan hasil tersebut berupa gelatin yang mampu menyerap kotoran dan juga 2 arah bakteri untuk dibawa mengendap kedasar tempat air sehingga diperoleh air yang jernih.

Ukuran kristal yang terbentuk selama pengendapan tergantung 2 faktor penting, yaitu laju pembentukan inti (nukleasi) dan laju pertumbuhan kristal. Jika laju pembentukan tinggi, banyak kristal yang terbentuk dan terbentuk endapan-endapan yang terdiri dari partikel-partikel kecil. Laju pembentukan ini tergantung pada derajat lewat jenuh, makin besar untuk kemungkinan untuk membentuk inti jadi makin besarlah laju pembentukan ini tergantung pada derajat lewat jenuh, makin besar kemungkinan untuk membentuk inti jadi makin besarlah laju pembentukan inti.

Kalium aluminium sulfat dedokahidrat KAl (SO4)2.12H2O dapat dibuat dari logam aluminium dan kalium hidroksida. Logam aluminium bereaksi secara cepat dengan KOH panas menghasilkan garam kalium aluminat [9].

2Al(s) + 2K+(aq) + 2OH(aq)+6H2O(l)→2K+(aq)+2Al(OH)4-(aq) + 3H2(g)

Ion aluminium Al(OH4)bersifat amfoter jika direaksikan dengan asam sulfat, diendapkan sebagai aluminium hidroksida, tetapi larut pada pemanasan

2K+(aq) + 2Al(OH4)(aq) + 2H+(aq) + SO42-(aq)→2Al(OH)3(s) + 2K+(aq) + SO42-(aq) + 2H2O(l)

2Al(OH)3(s) + 6H+(aq)+3SO42-(aq)→2Al3+(aq) + 3SO42-(aq) + 6H2O(l)

Jika larutan kalium aluminat sulfat dodekahidrat yang hampir jenuh didinginkan maka akan terbentuk kristal-kristal yang terbentuk oktahedron.

Larutan garam aluminium sulfat bersifat asam artinya hidrolisisgaram ini menghasilkan endapan Al(OH)3 dan ion H3o+ yang membawa sifat asam, ion ini selanjutnya diikat oleh HCO3- hingga terjadi dekomposisi yang menghasilkan gas CO2. Campuran CO2(g) – Al(OH)3(s) ini dihasilkan sebagai basa yang distabilkan oleh

Pengemulsi hingga dapat disemprotkan pada api, sehingga api menjadi diselimuti oleh busa yang mencegah kontak dengan oksigen diudara dan akibatnya api menjadi padam. Persamaan reaksi [9].

Al3+(aq) + 3HCO3-(aq) → Al(OH)3(l)+ 3CO2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd