HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG WEWENANG BIDAN DENGAN PELAKSANAAN PEMERIKSAAN KEHAMILAN

Posted on : April 12, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ABSTRAK

 

Survey awal Hasil observasi peneliti dilapangan dari 10 BPS yang di Survei sebanyak 3 BPS (30%) masih melaksanakan tidak sesuai standar ANC. Dimana disebutkan dalam pasal 8 Kepmenkes 149 tahun 2010 tentang pelaksanaan ANC bahwa bidan dalam menjalankan praktik berwenang untuk memberikan pelayanan meliputi: Pelayanan kebidanan Pelayanan reproduksi perempuan dan pelayanan kesehatan masyarakat.  Hal ini terlihat masih banyak bidan yang tidak mengetahui wewenangnya, sehingga bidan masih pertolongan di luar wewenangnya, seperti kehamilan letak sunsang, ketuban pacah dini, dan hamil kembar (gemelli). Penelitian ini bertujuan diketahuinya Hubungan Pengetahuan Tentang Wewenang Bidan Dengan Pelaksanaan Pemeriksaan Kehamilan Oleh Bidan Praktek Swasta Di Kabupaten Seluma Tahun 2011.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Bidan Praktek Swasta di Kecamatan Seluma Kota yang berjumlah 31 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Analisis data dalam penelitian ini analisis bivariat bertujuan untuk melihat hubungan pengetahuan tentang wewenang bidan dan Pelaksanaan Pemeriksaan Kehamilan dengan menggunakan uji statistik adalah uji chi square dengan derajat kepercayaan 5%. Untuk keeratan hubungan menggunakan probabilitas ≤ 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang dari sebagian besar (64,5%) BPS memiliki pengetahuan tentang wewenang bidan tinggi dan lebih dari sebagian (67,7%) BPS sesuai dalam melakukan pelaksanaan pemeriksaan kehamilan serta terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentan wewenang bidan dengan pelaksanaan pemeriksaan kehamilan.

 

Kata Kunci: Pengetahuan Tentang Wewenang Bidan, Pelaksanaan Pemeriksaan Kehamilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd