Online Banking

Posted on : April 20, 2016 | post in : TEORI PEMASARAN |Leave a reply |

Online banking sebagai sebuah portal internet yang memungkinkan nasabah untuk menggunakan berbagai layanan perbankan dari pembayaran hingga melakukan investasi. Online banking adalah aktifitas perbankan yang dapat dilakukan nasabah, baik di rumah, tempat usaha atau lokasi-lokasi lain yang bukan di lokasi bank yang rill dengan menggunakan media komunikasi seperti komputer dan handphone. (Layanan online banking ada 2 tipe layanan yaitu: (Pikkarainen et. al, 2004).

  1. Automatic Teller Machine (ATM). Automatic Teller Machine (ATM) saluran e-banking paling popular yang kita kenal. Selain transaksi mesin ATM atau, kartu ATM dapat pula digunakan ditempat perbelanjaan, berfungsi sebagai kartu debit. Bila kita mengenal ATM sebagai mesin untuk mengambil uang belakangan muncul pula ATM yang dapat menerima setoran uang yang lebih dikenal dengan CDM (Cash Deposit Machine.
  1. Electronic Banking (E-Banking). Layanan e-banking merupakan layanan perbankan yang meliputi Internet Banking, Mobile Banking dan Sms Banking. Bank biasanya menyediakan website tertentu yang dapat digunakan oleh nasabah untuk melakukan transaksi perbankan via web tersebut. Web yang hanya dapat digunakan untuk mengakses informasi tertentu mengenai Bank bersangkutan. Mobile banking merupakan suatu layanan yang dapat diakses langsung oleh nasabah melalui handphone dengan menggunakan menu yang sudah tersedia pada SIM Card (Subcriber Identity Module Card). Short Message Service Banking memiliki fungsi yang hamper sama dengan mobile banking. Hanya saja Mobile Banking diakses dengan menu yang tersedia pada SIM Card, sedangkan SMS Banking bisa melalui SMS Manual untuk mengakses layanannya. Jenis transaksi yang ditawarkan pada e-banking berbeda-beda pada setiap Bank namun,  secara garis besar transaksi yang disediakan seperti transaksi financial dan non financia, antara lain transfer  uang, cek saldo, mengakses informasi, melakukan pembayaran, pembelian pulsa, perubahan PIN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd