Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik

Posted on : April 25, 2016 | post in : TEORI MANAJEMEN |Leave a reply |

Manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu bidang manajemen yang melaksanakan kegiatan pengadaan, pelatihan dan pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian, serta pemeliharaan sumber daya manusia fungsi-fungsi manajemen akan menjadi dasar pelaksanaan fungsi-fungsi manajemensumber daya manusia untuk mencapai tujuan-tujuan strategis. Manajemen sumber daya manusia merupakan proses untuk menciptakan pekerja yang dapatmenghasilkan produk (barang dan jasa) yang memiliki daya saing.

Factor lingkungan sangat menentukan bagaimana aktifitas-aktifitas manajemen sumber daya manusia dapat dilaksanakan dimana organisasi mencapai hasil yang efektif. Termasuk dalam lingkungan manajemen sumber daya manusia antara lain, teknologi, ekonomi, politik, dan hukum, social budaya, pasar tenaga kerja, pesaing, pelanggan, demografi, pemilik perusahaan, dan serikat pekerja, yang merupakan peluang dan tantangan dalam mencapai tujuan-tujuan strategis. Pengambil keputusan dalam bidang sumber daya manusia memliki wewenang dan tanggung jawab untukn menentukan apakah sebagian dari fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia dialihkan ke pihak lain(outsourcing) atau tetap menangani seluruh pekerjaan. Keputusan dapat diambil berdasarkan pertimbangan untuk dapat memberikan hasil yang lebih baik dengan tujuan memperoleh manfaat yang lebih besar.

Terdapat tiga pendekatan dalam manajemen sumber daya manusia, antara lain pendekatan mekanis, pendekatan paternalis, dan pendekatan system social, pendekatan mekanis adalah suatu pendekatan mendominasi penggunaan mesin dalam kegiatan proses produksi dengan mengganti sebagian tenaga manusia penerapan tenaga mekanis akan menimbulkan berbagai permasalahan baru dalam suatu Negara antara lain pengganguran teknologis, keterjaminan pendapatan pekerja, serikat buruh, dan kebanggan dalam bekerja. Pendekatan paternalis merupakan pendekatan yang dilakukan manajemen dalam mengambil sikap sebagai seorang ayah dengan mengambil tindakan protektif terhadap para karyawan.Pendekatan system social merupakan pendekatan yang mlibatkan pihak-pihak diluar organisasi yang memiliki peran sangat penting dalam kegiatan-kegiatan organisasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd