Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Posted on : April 25, 2016 | post in : TEORI MANAJEMEN |Leave a reply |

Pengembangan sumber daya manusia perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan atas pekerjaanya. Pengembangan sumber daya manusia dapat dilakukan untuk tujuan pemindahan pekerjaan baik promosi maupun mutasi.Pengembangan dilakukan karena ada perubahan sifat-sifat pekerjaan berkaitan dengan pengembangan teknologi.

Pelatihan adalah suatu proses memperbaiki keterampilan kerja karyawan untuk membantu meningkatkan  kinerja. Pelaksanaan pekerjaan dapat dilakukan didalam dan diluar perusahaan.Pelatihan di dalam perushaan dilakukan pada aspek-aspek khusus pekerjaan digunakan secara informal (informal training), yang terjadi melalui interaksi dan umpan balik sesame karyawan.Pelatihan bersumber dari luar perusahaan, para karyawan bila dilatih oleh pelatih-pelatih professional dari luar perusahaan.Dewasa ini berkembang system pelatihan melalui pembelajaran secara elektronik (e-learning), kegiatan pelatihan dapat dilakukan secara online.Pelatihan secara online akan mempersingkat jarak dan waktu untuk melakukan kegiatan pelatihan, sehingga para peserta latihan tidak perlu datang ke tempat lain dan mengeluarkan biaya yang relative besar untuk mengikuti pelatihan.

Bagi kebanyakan perusahaan mengenal dua metode pelatihan sumber daya manusia antara lain on the job training dan off-the-job-training. Adapun empat metode yang dilakukan antara lain, rotasi pekerjaan, penugasan yang direncanakan, pembimbingan dan pelatihan posisi. Metode off the job trainingpelatih didatangkan dari luar organisasi atau para peserta mengikuti pelatihan diluar organisasi. Metode ini dapat dilakukan dengan beberapa teknik antara lain bussines games, vestibule school, dan case study.

Sseorang pemimpin juga membutuhkan pengembangan untuk menambah wawasan mereka dalam bidang kepemimpinan.Pengembangan bagi para eksekutif di perlukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilanya dalam memimpin, ini berkaitan dengan situasi lingkungan perusahaan berbagai teknik pengembangan manajmen dalam perusahaan biasa dilakukan, anatara lain, rotasi pekerjaan, bimbingan, dewan junior, dan praktek langsung, demikian pula, teknik pengembangan manajemen luar perusahaan.

Pada aspek lain, pengembangan organisasi sangat penting dilakukan berkaitan dengan aktivitas pekerjaan dalam perusahaan, pengembangan organisasi (organitation development/OD) cenderung lebih bersifat terapan dan berada pada tingkat makro, yang berfungsi secara prakris dalam pengembangan organisasi. Semakin banyaknya permintaan atas produk yang dihasilkan akan meningkat pula aktivitas perusahaan, akan menuntut dikembanganya struktur organisasi. demikian sebaliknya, untuk kepentingan efisiensi, perampingan struktur dilakukan karena menurunya aktivitas perushaan.

Berdasarkan pada manajemen karir dapat membantu para karyawan untuk merealisasikan tujuan karirnya dimasa yang akan datang. Manajemen karir adalah proses untuk membantu karyawan agar dapat mengembangkan bakat dan potensi pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki untuk dapat dimanfaatkan baik dalam maupun stelah keluar dari perusahaan di masa yang akan datang. Berkaitan dengan karir, hal yang paling penting diketahui terlebih dahulu adlah tujuan karir. Tujuan karir adalah sasaran yang akan ditempuh karyawan melalui jalur karir yang yang dipilih berdarsarkan keterampilan dan kemampuan yang mereka miliki. Karir itu sendiri didefinisikan sebagai jalur yang dipilih seseorang untuk diikuti disepanjang kehidupan pekerjaannya. Membahas tentang karir, beberapa konsep lain yang harus dipahami adalah perencanaan karir, pengembangan karir, dan jalur karir. Perencanaan karir adalah proses dengan penuh pertimbangan untuk memahami minat, pengetahuan, dan keterampilan yang dimiliki karyawan berkaitan dengan informasi tentang kesempatan dan pilihan dan mengidentifikasi tujuan karir yang akan diraih dimasa yang akan datang. Pengembangan karir adalah serangkaian aktifitas yang mengarah pada penemuan, peningkatan, dan pemantapan karir seorang untuk mempermudah pencapaian tujuan karir dimasa akan datang, jalur karir adalah jalan yang ditempuh seseorang untuk mencapaian tujuan karir dengan didukung oleh sumberdaya sumber daya dan metode yang tepat untuk mencapai tujuan karir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd