Penarikan Sumber Daya Manusia

Posted on : April 25, 2016 | post in : TEORI MANAJEMEN |Leave a reply |

Penarikan tenaga kerja merupan tindak lanjut dari perencanaan sumber daya manusia untuk mengisi kekosongan jabatan sesuai jumlah dan mutu tenaga kerja yang dibutuhkan. Penarikan tenaga kerja merupakan proses pencarian calon karyawan untuk dipekerjakan pada posisi yang telah ditentukan. Penarikan tenaga kerja diperoleh dari pasar tenaga kerja terdiri dari tiga kelompok mengecil sperti piramida terbalik, mulai dari yang terbesar yaitu populasi angkatan kerja, angkatan kerja yang memenuhi syarat sebagai pelamar, dan pelamar yang diterima sebagai calon karyawan.

Penarikan tenaga kerja bersumber dari dalam dan luar perusahaan. Penarikan dari dalam perusahaan dapat dilakukan melalui pengumuman pekerjaan (job posting), secara lisan, riwayat kerja karyawan(personal record), daftar kinerja karyawan, daftar karyawan senior, dan berdasarkan kecakapan karyawan yang dilihat pada arsip (file) karyawan melalui computer bank data dibagian sumber daya manusia. Penarikan tenaga kerja dapat pula dilakukann dari luar perusahaan bila jumlah yang dibutuhkan banyak atau jenis dan kualitas tenaga kerja didalam perusahaan tidak ada yang sesuai kebutuhan metode penarikan dari luar perusaahan adalah karyawan dating sendiri (walk-in applicant), rekomendasi dari karyawan dalam perusaahaan iklan di masss media, serikat pekerja, peruahaan-perusahaan tenaga kerja. Lembaga pemerintah, lembaga-lembaga pendidikan, perusahaan lain, internet, dan open house.

Tidak ada suatu metode penarikan yang sempurna dapat dilakukan untuk memberikan hasil yang terbaik.Setiap metode penarikan memiliki kelemahan dan kelebihan, oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi untuk penerapan metode yang digunakan pada periode tertentu. Beberapa factor yang perlu diperhatikan dalam menentukan pilihan atas metode-metode penarikan tenaga kerja, antara lain biaya dari dan manfaat atas penarikan tenaga kerja, waktu yang diperlukan untuk mengisi lowongan, dan kuantitas kualitas penarikan tenaga kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd