Tes Psikologi dan Wawancara

Posted on : April 25, 2016 | post in : TEORI MANAJEMEN |Leave a reply |

Tes merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam suatu bidang tertentu.Ada dua macam tes yang paling sering digunkan untuk mengetahui kemampuan pelamar kerja adalah tes psikologi dan wawancara.Tes psikologi adalah bentuk tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan para pelamar tentang sikap dan perilaku. Beberapa jenis tes psikologi, antara lain, tes kecerdasan (intelligence test), test bakat (aptitude test), tes minat (interest test), test kepribadian (personality test), dan tes prestasi (achievement test). Untuk mencapai hasil yang memuaskan atas tes psikologi ada dua alat dapat digunakan, antara lain, kendalan atau reabilitas (reability) dan kebsahan atau validitas (validity) dari alat yang digunakan.

Tes lain yang dimiliki manfaat sama pentingnya dengan sebelumnya adalah tes psikomotor (psychomotor test) bermanfaat untuk mengukur kemampuan seseorang yang ada kaitanya dengan kecepatan berhitung. Tes ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan psikomotor, seperti ketangkasan jemari, ketangkasan manual, dan waktu rekreasi. Pada sisi lai, kemampuan fisik(physical ability) mempunyai kepentingan yang sama dengan kemampuan intelektual, tergantung pada jenis dan persyaratan pekerjaan. Kemampuan fisik mempunyai arti penting untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang kurang menuntut keterampilan-keterampilan khusus.

Suatu bentuk tes lain, wawancara berfungsi untuk mengetahui kemampuan seorang, dimana pewawancara berhadapan secara langsung dengan para pelamar. Suatu kebaikan diperoleh melalui wawancara adalah memperoleh informasi secara tidak verbal tentang pengetahuan dan kemampuan pelamar. Terdapat dua jenis wawancara, antara lain wawancara terstruktur dan tidak struktur. Dalam wawancara terstruktur (structured interview) telah disampaikan rangkaian pernyataan-peryataan yang berkaitan dengan spepikasi pekerjaan, sedangkan dalam wawancara tidak struktur (unstructured interview), peryataan-peryataan yang diajukan sering secara spontan yang timbul dalam pikiran wawancara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd