Komponen-komponen Wiper

Posted on : Desember 5, 2016 | post in : Automotive,Electro |Leave a reply |

Wiper mobil terdiri dari beberapa komponen, yaitu motor wiper (pengerak), tuas wiper (wiper link), lengan wiper (wiper arm) dan wiper blade yang memiliki fungsinya masing-masing.

  1. Motor Wiper

Motor wiper adalah motor DC magnet permanen yang berfungsi merubah energi listrik menjadi energi kinetis untuk menggerakkan lengan wiper. Pengguna motor wiper berfungsi sebagai penggerak yang berasal dari lilitan coil  yang menimbulkan pembangkit elektro magnetik, akibat dari induksi elektromagnetik ini akan menghasilkan energi putar.

  1. Tuas Wiper (wiper link)

Tuas wiper (wiper link) berfungsi untuk merubah tenaga gerak putar yang dihasilkan dari motor wiper menjadi gerak tranlasi bolak-balik pada poros wiper.

  1. Lengan wiper (wiper arm)

Kontruksi wiper arm tersusun dari arm head, retainer dan arm piece, dimana komponen tersebut mempunyai fungsi tertentu seperti :

  1. Arm head berfungsi sebagai pengunci pada wiper shaft;
  2. Retainer berfungsi untuk menahan blade;
  3. Arm piece berfungsi sebagai dudukan blade dan retainer
  4. Wiper blade

Wiper blade terdiri dari sebuah karet yang terpasang pada wiper arm untuk menyapu permukaan kaca yang merupakan suatu kombinasi dari leaf spring packing dan beberapa lever dan clip untuk memasang blade pada bagian wiper arm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd