Gaya Kepemimpinan dan Semangat Kerja

Posted on : Desember 26, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |
ABSTRAK
            Survei pendahuluan di Puskesmas Nusa Indah, masih banyaknya para pegawai yang tidak mengikuti apel pagi atau datang terlambat dan pulang sebelum waktunya. Pegawai yang dahulunya rajin, selalu datang dan pulang tepat pada waktunya, sekarang sering datang terlambat dan pulang sebelum waktu yang telah ditetapkan, ini merupakan salah satu bukti atas kekecewaanya terhadap gaya kepemimpinan pimpinan Puskesmas yang tidak mau menerima masukan dari bawahannya serta pembagian insentif yang tidak merata atau jauh lebih banyak untuk pimpinan. 
            Pemimpin adalah seorang individu yang memiliki kecakapan dan kelebihan khususnya kecakapan kelebihan di satu bidang, sehingga dia mampu mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas-aktivitas tertentu, demi pencapaian satu atau beberapa tujuan. Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain. Kepemimpinan tergantung kepada kepemimpinannya untuk mempengaruhi itu. Dari defenisi diatas menunjukan kepemimpinan yang baik harus mampu berkomunikasi, baik sesama pemimpin maupun dengan karyawan atau pegawai. Karena dengan adanya komunikasi yang baik, pegawai merasa diperhatikan serta merasa diperlukan dalam pencapaian tujuan.
            Penelitian ini adalah penelitian kualitatifyang menpelajari secara intensif tentang latar belakang, keadaan dan posisi saat ini serta interaksi lingkungan sosial yang bersifat apa adanya mengenai gaya pimpinan dan semangat kerja pegawai Puskesmas Nusa Indah Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Nusa Indah Kota Bengkulu yang dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2007.
Hasil diskusi kelompok terarah dapat disimpulkan gaya kepemimpinan pimpinan Puskesmas Nusa Indah cenderung instruksi, yang ditandai dengan komunikasi yang berjalan satu arah, keputusan ditangan pimpinan, dan tidak menerima masukan dari bawahan, tetapi kadang-kadang gaya kepemimpinannya bisa berubah delegasi pada saat para pegawai harus menyelesaikan sendiri masalah kerja yang dihadapinya. Sedangkan hasil wawancara dengan pimpinan, diskusi kelompok terarah dengan pegawai Puskesmas Nusa Indah dan observasi di lapangan terhadap tingkat absensi serta produktivitas tiap program, peneliti menyimpulkan bahwa semangat kerja pegawai Puskesmas Nusa Indah masih rendah, yang ditandai dengan tingkat absensi yang tinggi, pulang lebih cepat dari waktunya, serta kerja tidak selalu tepat waktu.
Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Semangat Kerja
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd