ANALISIS PELAKSANAAN KELUARGA SADAR GIZI

Posted on : Desember 27, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ABSTRAK

Data Puskesmas Jarai pada Tahun 2009 persentase penimbangan balita secara teratur sebesar 45.6%, pemberian ASI eksklusif 58.2%, pemakaian garam iodium 89% dan pemberian vitamin A 68%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan KADARZI di Puskesmas Jarai Pagar Alam Kabupaten Lahat.

Penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh KK yang bertempat tinggal  di wilayah kerja Puskesmas Jarai Pagar Alam Kabupaten Lahat yang berjumlah 7.627 KK. Tehnik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling.

Hasil penelitian tentang pelaksanaan Kadarzi di Puskesmas Jarai Pagar Alam Kabupaten Lahat sebanyak 6.5% sudah tergolong kedalam keluarga Kadarzi dan sebanyak 93.5 belum tergolong kedalam keluarga Kadarzi, ini menunjukkan pelaksanaan Kadarzi belum baik, untuk lebih jelas pelaksanaan 5 indikator sebagai berikut: 1). Sebanyak 24.3% keluarga sudah melakukan penimbangan berat badan balita secara teratur dan sebanyak 44.5% keluarga belum melakukan penimbangan berat badan balita secara teratur, 2). Sebanyak 9.5% keluarga sudah memberikan ASI Eksklusif dan sebanyak 30% keluarga belum memberikan ASI Eksklusif, 3). Sebanyak 6,5% keluarga sudah mengkonsumsi makanan beraneka ragam dan sebanyak 93.5% keluarga belum mengkonsumsi makanan beraneka ragam, 4). Sebanyak 2.3% keluarga sudah mengkonsumsi garam beryodium dan sebanyak 97,7% keluarga belum mengkonsumsi garam beryodium dan 5). Sebanyak 55,9% keluarga sudah mengkonsumsi suplemen gizi dan sebanyak 44.1% keluarga belum mengkonsumsi suplemen gizi.

Kata Kunci: Kadarzi, Puskesmas Jarai

cell phone : 081273221213

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd