GAMBARAN PENYEBAB STATUS GIZI KURANG PADA BALITA

Posted on : Desember 27, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ABSTRAK

Survei awal yang dilakukan pada tanggal 13 April 2009 dari 548 balita yang tercatat dalam register terdapat 15 balita yang mengalami gizi kurang dan 3 orang yang mengalami gizi buruk. Jadi yang mengalami gizi kurang sebanyak 18 orang (3,2%). Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penyebab status gizi kurang pada balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kuala Lempuing kota Bengkulu.

Desain penelitian menggunakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini semua anak balita yang mengalami gizi kurang yang tercatat di register Puskesmas Kuala Lempuing Bengkulu periode Januari sampai April 2009 yang berjumlah 18 (3,2%) balita dari 548 balita. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, dimana semua populasi yang ada dijadikan sampel. Analisis data dilakukan secara univariat.

Hasil penelitian menunjukkan dari 18 balita gizi kurang sebanyak 66,7% responden yang orang tuanya berpendidikan dasar, sebanyak 50.0% responden yang orang tuanya bekerja sebagai nelayan, sebanyak 66,7% responden yang orang tuanya dengan status ekonomi rendah dan sebanyak 50.0% responden dengan riwayat penyakit diare.

Perlu ditingkatkan intervensi kesehatan bagi kelompok masyarakat rawan terhadap masalah kesehatan khususnya masalah gizi dengan melakukan peningkatan kegiatan penyuluhan, pendidikan kesehatan serta perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat agar masyarakat kedepannya mampu hidup mandiri dan mampu memecahkan masalah kesehatannya sendiri sedini mungkin.

Kata Kunci: Pendidikan, Pekerjaan, Status Ekonomi, Riwayat Penyakit, Status Gizi Kurang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd