HUBUNGAN AKTIFITAS FISIK DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA MASYARAKAT

Posted on : Desember 27, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ABSTRAK

By. Meilinda

Hipertensi penyebab utama kematian dari gangguan kardiovaskuler. Prevalensi dan insiden penyakit jantung koroner dan hipertensi mempunyai angka-angka nasional yang sangat berbeda dan bervariasi sesuai dengan letak geografik. Aktifitas fisik bisa menurunkan tekanan darah karena dapat merilekskan pembuluh-pembuluh darah. Penelitian ini bertujuan melihat hubungan Aktifitas Fisik dengan Kejadian Hipertensi Pada Masyarakat di Kelurahan Pasar Melintang Kota Bengkulu.

Aktivitas adalah gerakan atau tingkah laku organisme atau semua proses mental atau fisiologis, sinonim dengan fungsi. Hipertensi adalah desakan darah yang berlebihan dan hampir konstan pada arteri. Tekanan dihasilkan oleh kekuatan jantung ketika memompa darah, hipertensi berkaitan dengan kenaikan tekanan diastolik, dan tekanan sistolik atau kedua-duanya secara terus-menerus. Aktivitas Fisik secara teratur dapat terhindar dari penyakit jantung, stroke, osteoporosis, kanker, tekanan darah tinggi, kencing manis, berat badan terkendali, otot lebih lentur dan tulang lebih kuat, bentuk tubuh menjadi ideal dan proporsional, lebih percaya diri, lebih bertenaga dan bugar dan secara keseluruhan keadaan kesehatan menjadi lebih baik.

Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh warga yang sudah berkeluarga dan bertempat tinggal di Kelurahan Pasar Melintang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan cara acak sistematis yaitu membagi jumlah anggota populasi dengan perkiraan sampel yang inginkan, hasilnya adalah interval sampel.

Hasil penelitian menunjukkan dari 186 warga ditemukan sebanyak 56 orang melakukan aktifitas fisik cukup dan sebanyak 130 melakukan aktifitas fisik kurang. Hasil penelitian menunjukkan dari 186 warga ditemukan sebanyak 155 orang dengan tekanan darah normal dan sebanyak 31 orang mengalami Hipertensi. Hasil uji statistik chi-square ada hubungan yang bermakna antara Aktifitas Fisik dengan Kejadian Hipertensi di Kelurahan Pasar Melintang Kota Bengkulu.

Diharapkan dapat melakukan aktifitas fisik secara teratur agar dapat terhindar dari penyakit Hipertensi, karena aktifitas fisik yang teratur sangat berguna bagi kesehatan dan menjaga kesehatan tubuh.

Kata Kunci: Aktifitas Fisik, Hipertensi, Pasar Melintang

cell phone : 081273221213

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd