PENGARUH KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS TATA KOTA DAN PENGAWAS BANGUNAN

Posted on : Desember 27, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

RINGKASAN

Kinerja pegawai berdasarkan pada banyak landasan teoritis maupun pengalaman praktis, sangat dipengaruhi oleh motivasi pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang menjadi tanggungjawabnya. Pada dasarnya motivasi merupakan dorongan yang menyebabkan seseorang bertindak. Pada sektor publik dorongan atau motivasi ini sering terabaikan sebagai akibat banyak para manajer menengah maupun puncak yang terjebak dalam aktivitas rutin pemerintahan yang begitu luas atau juga disebabkan aktivitas lain yang mampu memberikan kompensasi lebih besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kepemimpinan, motivasi dan komunikasi terhadap kinerja  pegawai Dinas Tata Kota dan Pengawas Bangunan Kota Bengkulu.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif dengan rancangan causal study. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Tata Kota dan Pengawas Bangunan Kota Bengkulu yang berjumlah 58 orang. Dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel dengan metode sensus. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini di analisis dengan uji Regresi  Linear berganda.

Dari hasil penelitian variabel kepemimpinan dikatagorikan baik, motivasi dikatagorikan baik dan komunikasi dikatagorikan baik serta kinerja dikatagorikan cukup baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan, motivasi dan komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja  pegawai.

Pimpinan Dinas Tata Kota dan Pengawas Bangunan Kota Bengkulu hendaknya dapat menambah prasarana yang masih kurang dan memperbaiki prasarana yang rusak. Pimpinan dapat melakukan pengawasan terhadap pegawai agar mereka bekerja sesuai prosedur dan pegawai dapat meningkatkan motivasinya dalam melaksanakan pekerjaan walaupun tidak ada perhatian dari atasan dan dapat bekerja sesuai petunjuk, menerima dan melaksanakan pekerjaan yang diberikan secara baik, selalu bersikap dengan baik bila pimpinan memberikan penjelasan serta tetap menjaga hubungan baik dengan atasan maupun rekan sekerja.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Motivasi, Komunikasi, Kinerja

Contact person. 081273221213

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd