STUDI TENTANG KESEHATAN LINGKUNGAN RUMAH SEHAT DI KELURAHAN

Posted on : Desember 27, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ABSTRAK

Hasil wawancara dengan Lurah Kelurahan Pasar Bengkulu mengatakan bahwa keadaan pemukiman perumahan di Kelurahan Pasar Bengkulu masih tergolong tidak sehat sebanyak 80%. hal ini karena masih banyaknya rumah penduduk yang tidak mempunyai jamban, sehingga mereka Buang Air Besar (BAB) ke tepi pantai yang lokasinya tidak jauh dibelakang rumah. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran komponen rumah sehat dan gambaran Sarana Sanitasi di Kelurahan Pasar Bengkulu

Kesehatan lingkungan menurut Riyadi, (1986) didefenisikan sebagai kesatuan semua benda, daya, keadaan dan mahluk hidup termasuk didalamnya manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan prikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainya. Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, disamping kebutuhan sandang dan dan pangan. Rumah berfungsi pula sebagai tempat tinggal  serta digunakan untuk berlindung dari gangguan iklim dan mahluk hidup lainnya.

Adapun jenis penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kepala keluarga (KK) yang bertempat tinggal di kelurahan Pasar Bengkulu yang berjumlah 380 KK sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil sebesar 20% dari populasi yang berjumlah 76 KK. Teknik pengambilan sampel secara random  sampling dengan cara membagi jumlah atau anggota populasi dengan perkiraan jumlah sampel yang diinginkan.

Hasil wawancara kepada responden yang rumahnya dikatagorikan sehat karena keadaan rumah mereka seperti langit-langit rumah dalam keadaan bersih, dinding rumah mereka sudah permanen, lantai rumah sudah semen yang diplaster dan berkeramik, memiliki jendela kamar, jendela ruang kelurga, ventilasi yang cukup, dan pencahayaannya cukup, sedangkan responden yang rumahnya dikatagorikan tidak sehat karena keadaan rumah mereka seperti tidak mempunyai langit-langit (Plafon), dinding rumah hanya dari papan, lantai rumah masih tanah, tidak memiliki jendela kamar dan ventilasi rumah yang tidak ada. Hasil wawancara kepada responden yang sanitasi rumahnya dikatagorikan sehat karena mereka memiliki sarana air bersih yang cukup, memiliki jamban, memiliki sarana pembuangan air limbah dan memiliki sarana pembuangan sampah sedangkan sanitasi rumahnya dikatagorikan tidak sehat dikarenakan mereka tidak memiliki jamban keluarga dan tidak memiliki sarana tempat pembuangan sampah.

Contact person. 081273221213

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd