Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Mioma Uteri

Posted on : Desember 28, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ABSTRAK

Adanya peningkatan angka kejadian Mioma Uteri yang belum diketahuinya factor-faktor yang menyebabkan terjadinya Mioma Uteri. Mioma uteri adalah neoplasma jinak yang berasal dari otot uterus dan jaringan ikat sehingga dalam kepustakaan disebut juga fibromioma,atau fibroid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor resiko yang berhubungan dengan kejadian mioma uteri di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu tahun 2010.

Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan melihat catatan register dan dokumentasi. Sampel diambil 10% dari populasi dengan menggunakan teknik random  sampling. Analisis dalam penelitian ini adalah univariat dan analisis bivariat menggunakan chi- Square, untuk melihat keeratan hubungan digunakan uji contingency coefficient.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 148 responden terdapat 98 orang (66,2%) dengan usia  25 – 45 tahun dan 50 orang (33,8%) dengan usia < 25 dan > 45 tahun. Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara umur dengan kejadian mioma uteri dan ada hubungan yang signifikan antara paritas dengan kejadian mioma uteri serta ada hubungan yang signifikan antara menarche dini dengan kejadian mioma uteri di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. Kesimpulan, ada hubungan yang signifikan antara umur, paritas, dan menarche dini dengan kejadian mioma uteri di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. Saran, pada perawat dan petugas kesehatan lain agar lebih profesional dalam memberikan pelayanan dan pendokumentasian khususnya di rumah sakit RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu untuk meningkatkan derajat pelayanan kesehatan.

 

Kata kunci :  umur, paritas dan menarche dini , mioma uteri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd