ANALISIS DAMPAK PEMEKARAN DAERAH

Posted on : Desember 29, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

INTISARI

 

            Kabupaten Kotawaringin Timur yang merupakan Kabupaten terluas di Propinsi Kalimantan Tengah yaitu 50.700 Km2 (± 33% dari luas wilayah Kalimantan Tengah) dan penduduk 521.287 jiwa serta kurangnya sarana dan prasarana seperti transportasi, menimbulkan kesulitan-kesulitan dalam keterjangkauan pelayanan pemerintahan, pemberdayaan masyarakat dan pemerataan pembangunan. Itulah sebabnya sejak awal sudah diyakini bahwa strategi kebijakan Pemekaran Daerah adalah salah satu cara pemecahannya. Pemekaran Daerah yang dimaksud adalah memperkecil wilayah administrasi pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur dengan cara meningkatkan status wilayah Pembantu Bupati Seruyan dan wilayah Pembantu Bupati Katingan menjadi Kabupaten Baru yaitu Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Katingan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kebijakan bagi Kabupaten baru, mengidentifikasi dan menganalisis dampak tersebut khususnya bagi masyarakat dalam hal pelayanan publik, serta mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendorong dengan memberikan berbagai rekomendasi untuk kinerja pemerintah daerah (baik yang Kabupaten Induk maupun Kabupaten baru). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisa data sekunder dan teknik wawancara mendalam terhadap obyek di lapangan. Data-data yang didapat dianalisa dengan menggunakan analisa deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan keadaan obyek penelitian sesuai yang ditemukan dengan metode analisanya menggunakan analisa dampak sosial dan biaya manfaat sosial.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Pemekaran Daerah memberikan dampak yang diharapkan dan dampak yang tidak diharapkan. Dampak tersebut adalah untuk masyarakat dan Pemerintah yang ternyata memberikan kemudahan dalam hal pelaksanaan pelayanan publik. Dampak yang bersifat langsung; misalnya biaya ringan, waktu lebih singkat dan adanya opportunity cost kesempatan kerja bagi masyarakat, sementara bagi pemerintah pendeknya rentang kendali dan turunnya biaya administrasi pemerintahan. Sementara dampak yang diharapkan bersifat tidak langsung pun memberikan beberapa peluang untuk masyarakat yang pada akhirnya bahwa kebijakan Pemekaran Daerah adalah tepat dan bermanfaat bagi daerah yang sangat luas seperti Kabupaten Kotawaringin Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd