Analisis Proses Pelaksanaan Rujukan Pada Rawat Jalan Tingkat Pertama

Posted on : Desember 29, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ABSTRAK

Pemanfaatan pelayanan kesehatan oleh peserta atau claim ratio kepesertaan wajib PT. Askes pada beberapa tahun terakhir ini selalu berada diatas 80%. Keadaan ini akan menyulitkan PT.Askes, untuk itu perlu diupayakan pengendalian pelayanan dan pengendalian biaya oleh Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK), terutama dalam upaya menekan rasio rujukan rawat jalan tingkat pertama yang dilakukan oleh dokter primer di Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan rujukan peserta Askes PNS pada rawat jalan tingkat pertama di UPTD Puskesmas Lingkar Timur Kota Bengkulu Tahun 2010

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif memakai data primer dengan pendekatan pola concurrent uitilasi review. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam (indepth interview) menggunakan panduan wawancara, alat tulis dan alat bantu rekam (tape recorder). Informan dalam penelitian ini adalah petugas puskesmas yang terlibat dalam proses rujukan (referral) yaitu petugas bagian pendaftaran, tata usaha, penanggung jawab program Askes Puskesmas, dokter umum, dokter gigi dan kepala Puskesmas yang berjumlah 6 (enam) orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif yang terdiri dari data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification. Teknik Keabsahan Data dalam penelitian ini dilakukan tehnik Triangulasi sumber.

Hasil penelitian yang ditemukan proses pelaksanaan rujukan di UPTD Puskesmas Lingkar Timur sudah berjalan sesuai prosedur yang ada, namun dalam pelaksanaanya masih ada pemberian rujukan kepada pasien tanpa indikasi medis atau tanpa melalui proses yang seharusnya. Maka dapat  diindikasikan proses pelaksanaan rujukan yang dilakukan UPTD Puskesmas Lingkar Timur belum berjalan dengan maksimal, artinya pelaksanaanya belum sesuai prosedur, hal ini dikarenakan masih adanya pemberian rujukan kepada pasien tanpa indikasi medis atau tanpa melalui proses yang seharusnya.

Kata Kunci : Proses Pelaksanaan Rujukan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd