HUBUNGAN MUTU PELAYANAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN

Posted on : Desember 29, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ABSTRAK

Mutu adalah suatu perkataan yang lazim digunakan baik oleh lingkungan kehidupan akademis maupun dalam kehidupan sehari-hari yang artinya secara umum dapat dirasakan dan dipahami oleh siapapun, namun mutu sebagai suatu konsep atau pengertian, belum banyak dipahami oleh orang dan kenyataannya pengertian mutu itu sendiri tidak sama bagi setiap orang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah mutu pelayanan Perawat, bagaimanakah tingkat kepuasan pasien dan apakah ada hubungan mutu pelayanan perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bengkulu. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui mutu pelayan perawat dan kepuasan pasien serta mengetahui hubungan mutu pelayanan Perawat terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Polda Bengkulu.

Penelitian ini dilakukan secara deskriftif kuantitatif dengan jenis penelitian Correlation study. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Juli 2007 dengan sampel berjumlah 43 orang dengan metode total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian diambil dari data primer dan data sekunder.

Pengolahan data dilakukan dengan cara  editing,  coding, entry, dan cleaning kemudian data diolah dengan program SPSS sehingga dapat diketahui hubungan antara mutu pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien

Hasil penelitian pertama mutu pelayanan Perawat sebanyak 60,5% mengatakan baik kedua kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan Perawat sebanyak 62,8 % puas ketiga terdapat hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan perawat terhadap Kepuasan Pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bengkulu dengan nilai asymp. sig. (p) = 0, 000 < 0,05.

Kata Kunci: Mutu Pelayanan Perawat dan Kepuasan Pasien

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd