HUBUNGAN USIA, LAMA KERJA DAN SISTEM PENGHARGAAN DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA

Posted on : Desember 29, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ABSTRAK

Pelayanan keperawatan yang diberikan oleh perawat pelaksana di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bengkulu tidak lepas dari adanya kendala diantaranya perawat senior lebih malas dalam menjalankan tugasnya, pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien mulai menurun, tidak adanya koordinasi yang baik antar perawat, insentif dibedakan berdasarkan status kepegawaian dan lama kerja. Perawat mulai judes dan cerewet karena adanya penurunan insentif, perawat merasa tidak nyaman dalam menjalankan tugasnya karena kurangnya dukungan fasilitas yang memadai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan usia, lama kerja dan sistem penghargaan dengan kinerja perawat pelaksana di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bengkulu tahun 2010.

Jenis penelitian ini survei analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat pelaksana di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bengkulu Tahun 2010 yang berjumlah 36 orang teknik pengambilan sampel Total Sampling. Pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji Korelasi Pearson Product Moment.

Penelitian telah dilaksanakan pada tanggal 2-6 Juni 2010 dengan hasil Rata-rata usia perawat 25,2 tahun, lama kerja perawat 35,5 bulan, skor sistem penghargaan 20,4 dan skor kinerja perawat diketahui sebesar 157,8 serta terdapat hubungan yang bermakna antara usia, lama kerja dan sistem penghargaan dengan kinerja perawat pelaksana di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bengkulu.

Hadi Saputra, SKM

Contact Pearson 081273221213

Disarankan kepada pihak Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bengkulu untuk meningkatkan kinerja perawat pelaksana dengan memberikan sistem penghargaan yang seimbang dengan kemampuan rumah sakit dan hendaknya melakukan rotasi terhadap perawat berdasarkan usia dan lama kerja perawat agar lebih fresh dan kinerja perawat pelaksana tersebut meningkat.

Kata Kunci : usia, lama kerja, sistem penghargaan, kinerja perawat pelaksana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd