PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN IBU DALAM MERAWAT TALI PUSAT

Posted on : Desember 29, 2016 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ABSTRAK

 

Di wilayah Puskesmas Basuki Rahmad beberapa tahun lalu telah terjadi 1 orang KLB Tetanus Neonatorum karena perawatan tali pusat yang tidak benar dapat menyebabkan infeksi, bahkan tetanus neonatorum yang berakhir dengan kematian, mengingat (60%) persalinan di Indonesia masih dilakukan oleh dukun bayi yang tidak terlatih. Masalah penelitian adalah masih rendahnya pengetahuan dan keterampilan ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan keterampilan ibu merawat tali pusat .

Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh ibu yang mempunyai bayi lahir hidup tahun 2008 berjumlah 649 responden sebanyak 30 responden. Analisa univariat untuk melihat distribusi frekuensi dari pengetahuan dan keterampilan ibu merawat tali pusat. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling berjumlah 30 responden. Data yang digunakan adalah data primer yang diambil dengan menggunakan kuesioner tentang pengetahuan dan keterampilan ibu dalam merawat tali pusat yang diikuti dengan melakukan observasi terhadap ibu pada saat melaksanakan perawatan tali pusat.

Hasil penelitian tentang pengetahuan menunjukkan dari 30 responden sebanyak 46.7% ibu dengan pengetahuan baik, 23.0% pengetahuan cukup dan 30.0% pengetahuan kurang dan Hasil penelitian tentang keterampilan menunjukkan dari 30 responden  sebanyak 56.7% adalah ibu dengan keterampilan baik, 3.3% ibu dengan keterampilan cukup dan 40.0% keterampilan kurang.

Hasil penelitian tentang pengetahuan sebagian besar ibu dengan pengetahuan baik dan  hampir separoh ibu dengan keterampilan baik.

Kata Kunci: Pengetahuan, Keterampilan, Merawat Tali Pusat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd