PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PUSKESMAS

Posted on : Januari 1, 2017 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ABSTRAK

 

Hasil wawancara dengan pegawai Puskesmas Beringin Raya, mengatakan masih kurangnya komunikasi interpersonal yang terjadi antar pegawai dalam hal melaksanakan pekerjaan, seperti sering terjadi kurangnya data-data program Puskesmas yang diambil petugas di lapangan, sehingga menghambat dalam penyelesaian pembuatan laporan yang menjadikan kinerja pegawai tidak optimal. Sementara terlihat kinerja pegawai sering selesai tidak tepat waktu, sehingga pekerjaan sering tertunda dalam penyelesaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal Antar Pegawai terhadap kinerja pegawai dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi interpersonal Antar Pegawai terhadap kinerja pegawai Puskesmas Beringin Raya Kota Bengkulu.

Penelitian ini deskriptif kuantitatif rancangan corelation study. Populasi penelitian seluruh pegawai Puskesmas Beringin Raya Kota Bengkulu yang berjumlah 46 orang. Sampel penelitian ini di ambil dengan metode sensus. Teknik analisis kuantitatif dengan analisis Regresi Linear Sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan kinerja pegawai Puskesmas Perawatan Beringin Raya Kota Bengkulu. Setiap perubahan skor komunikasi interpersonal sebesar satu satuan dapat di estimasikan skor kinerja akan berubah sebesar 8.01 satuan pada arah yang sama.

Kepada pegawai hendaknya lebih intens lagi berkomunikasi sesama pegawai dan dapat lebih terbuka dan jujur dalam berkomunikasi, terutama pada saat melaksanakan pekerjaan dan tanggung jawab serta dapat terlibat aktif dengan ekspresi wajah dan gerak-gerik yang sesuai saat berkomunikasi dengan pegawai. Selain itu pegawai dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan lagi kinerja yang sudah baik, sehingga kinerja pegawai Puskesmas Perawatan Beringin Raya Kota Bengkulu dapat lebih meningkat.

Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Kinerja Pegawai 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd