GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG CARA PERAWATAN PASIEN FRAKTUR DI RUMAH DITINJAU DARI PENDIDIKAN KESEHATAN YANG DILAKUKAN PERAWAT

Posted on : Januari 2, 2017 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |
ABSTRAK
  
Dalam proses penyembuhan dan perawatan pasien fraktur, peran perawat seperti memberikan pendidikan kesehatan kepada keluarga pasien sangatlah penting. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan keluarga tentang cara perawatan pasien fraktur di rumah ditinjau dari pendidikan kesehatan di ruang Seruni Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Bengkulu tahun 2008.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, pengambilan data dilakukan dengan menggunakan data primer, pelaksanaan penelitian ini dilakukan di ruang Seruni Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh keluarga yang mengalami fraktur dan sample dalam penelitian ini adalah accidental  sampling.
Dari hasil penelitian apabila dilihat dari pengetahuan frekuensi tertinggi (55%) yaitu 11 orang berpengetahuan kurang dalam perawatan pasien fraktur di rumah. Apabila lihat dari pendidikan kesehatan frekuensi tertinggi 10 orang (50%) adalah responden yang menyatakan perawat cukup memberikan pendidikan kesehatan tentang perawatan pasien fraktur di rumah. Responden dengan tingkat pengetahuan baik hanya 3 orang (100%) merupakan responden yang mendapatkan pendidikan kesehatan dengan baik. Pada responden dengan tingkat pengetahuan cukup persentase tertinggi adalah responden yang menyatakan pendidikan kesehatan cukup yaitu 5 orang (83,3%) dan responden dengan tingkat pengetahuan kurang persentase tertinggi adalah responden yang menyatakan pendidikan kesehatan kurang yaitu 5 orang (54,5%).
Diharapkan kepada perawat ruangan agar lebih meningkatkan pendidikan kesehatan kepada keluarga pasien fraktur agar fraktur yang terjadi tidak menjadi lebih parah dan terhindar dari komplikasi.
Kata kunci : Pengetahuan, Fraktur, Pendidikan Kesehatan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd