Penelitian Kualitatif

Posted on : Januari 2, 2017 | post in : METODELOGI PENELITIAN |Leave a reply |

Pengertian

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau dengan cara kuantifikasi lainnya (Suwandi, dkk 2008).

Menurut Bogdan dan Taylor (1992) dalam Suwandi, dkk (2008) menyatakan bahwa penelitian kualitatif adalah salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriftif berupa ucapan dan tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati. Melalui penelitian kualitatif peneliti dapat mengenal subjek, merasakan apa yang mereka alami dalam kehidupan sehari-hari (Rurchan, 1992 dalam Suwandi, dkk 2008).

Penelitian kualitatif adalah salah satu metode penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang kenyataan melalui proses berfikir induktif, melalui penelitian kualitatif penelitidapat mengenal subjek merasakan apa yang mereka alami dalam kehidupan sehari-hari (Suwandi, dkk 2008).

Analisis Data

Menurut Miler dan Huberman (1984) dalam Sugiyono (2008) aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Aktivitas dalam analisis data kualitatif  yaitu:

  1. Data reduction yaitu: merangkum, memilih hal-hal pokok, memfokuskan hal-hal yang penting dicari tema dan polanya, dengan reduksi maka peneliti merangkum, mengambil  data yang pokok dan penting.
  2. Data display yaitu: penyajian data dapat dilakukan dalam bentuk tabel, grafik, phie chard, pictogram, narasi dan sejenisnya, sehingga data yang diperoleh tersusun dalam pola hubungan sehingga lebih mudah untuk dipahami.
  3. Data conclusion drawing/verification yaitu: penarikan kesimpulan dan verifikasi. Data yang diperoleh dari reduksi dan display dipilih mana yang akan diambil dan mana yang akan kita buang sehingga didapatkan data tentang Sistem Penerimaan, Penyimpanan dan Penyaluran Bahan  Makanan di Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepahiang.

Keabsahan Data

Teknik Keabsahan Data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik (Sugiono, 2008).

Triangulasi Sumber

Triangulasi Sumber untuk menguji kredebilitas data yang dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh dari beberapa sumber. Dalam hal ini ini peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara mendalam (in dept interview) terhadap petugas Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepahiang.

Triangulasi Teknik

Triangulasi Teknik untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Dalam hal ini peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara mendalam (in dept interview), observasi dan melihat dokumentasi.

 Triangulasi Waktu

Triangulasi Waktu untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara pengecekan wawancara, observasi dengan teknik lain dalam waktu dan atau situasi yang berbeda. Dalam hal ini peneliti melakukan wawancara pada pagi dan siang hari untuk mendapatkan data yang akurat tentang permasalahan yang diteliti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd