ANALISIS PERAN BIDAN DALAM PELAKSANAAN PEMBERIAN ASI 30 MENIT SETELAH BAYI LAHIR

Posted on : Januari 3, 2017 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ABSTRAK

Pemberian ASI 30 menit setelah lahir memberi keuntungan mengurangi pendarahan setelah melahirkan, praktis karena dapat diberikan kapan saja, ekonomis karena tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli susu formula untuk bayi, bila ASI diberikan secara benar dan baik, bermanfaat sebagai salah satu alat/cara kontrasepsi, dan menjalin hubungan batin yang akrab antara ibu dengan bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Bidan dalam pelaksanaan Pemberian ASI 30 Menit Setelah Bayi Lahir di Wilayah Kerja Puskesmas Dermayu Kabupaten Seluma.

Jenis penelitian adalah deskriftif pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini 13 orang terdiri dari Bidan Petugas KIA Puskesmas Dermayu 1 orang dan bidan desa yang bertugas di wilayah Puskesmas Dermayu 6 orang serta 6 orang ibu yang baru melahirkan dengan bidan di wilayah Kerja Puskesmas Dermayu Kabupaten Seluma. Aktivitas dalam analisis data kualitatif  yaitu: Data reduction, Data display dan Data conclusion drawing/verification yaitu: penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik Keabsahan Data menggunakan teknik triangulasi terdiri dari teknik Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik Dan Triangulasi Waktu

Hasil penelitian menunjukkan peran bidan dalam pelaksanaan pemberian ASI 30 menit setelah melahirkan dindikasikan tidak baik dikarenakan Bidan belum mendapatkan pelatihan-pelatihan tentang pelaksanaan pemberian ASI yang baik, kurangnya penjelasan dan bimbingan dari bidan tentang ASI kepada Ibu.

Bagi bidan dan petugas kesehatan Dermayu, dapat lebih meningkatkan perannya dalam memberikan pelayanan pada masyarakat dan khususnya dalam pemberian ASI 30 menit setelah melahirkan, dengan memberikan penjelasan dan membantu ibu dalam pemberian ASI 30 menit setelah melahirkan dan memberikan penjelasan kepada dukun yang membantu ibu melahirkannya, sehingga pemberian ASI 30 menit dapat terlaksana.

Kata Kunci: Peran Bidan, Pemberian ASI 30 Menit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd