GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG DISMENOREA

Posted on : Januari 3, 2017 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |

ABSTRAK

 
Pengetahuan merupakan hasil dari tahu, dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu obyek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca indera manusia, yakni : Indera pengelihatan, pendengaran, penciuman, rasa, dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh dari mata dan telinga. Dismenorea adalah merupakan rasa nyeri saat menstruasi yang mengganggu aktivitas sehari-hari wanita dan mendorong penderita untuk melakukan pemeriksaan atau konsultasi kedokter, puskesmas atau datang ke Bidan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran tingkat pengetahuan tentang dismenorea pada siswi SLTP N  2  Kota Bengkulu  tahun ajaran  2005/2006.
Penelitian ini dilakukan di  SLTP N 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2005/2006 terhadap siswi kelas II  dari tanggal 24 – 25 Agustus 2006 dengan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang siswi dari 199 orang siswi yang terdiri dari  5 kelas, adapun pengambilan sampelnya dengan cara Cluster yang mana setiap kelas di wakili oleh  16 orang siswi, untuk mendapat 16 siswi dengan cara lotre.  Analisis yang dilakukan adalah analisis Univariat
Hasil analisis univariat didapat bahwa pengetahuan siswi SLTP N 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2005/2006 tentang pengetahuan dismenorea yang diperoleh bahwa tingkat pengetahuan siswi baik 43 orang (53,75%), pengetahuan sedang 25 orang (31,25%) dan pengetahuan kurang 12 orang (15,00%).
Diharapkan penelitian ini untuk dapat menambah pengetahuan siswi khususnya bagi perempuan remaja yang baru mengalami menstruasi sehingga siswi dapat mengerti tentang pengertian, jenis-jenis, gejala klinis dan penatalaksanaan dismenorea terhadap gangguan dismenorea secara dini.

 

Kata Kunci : Pengetahuan Dismenorea 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd