HUBUNGAN PENDIDIKAN, PENGETAHUAN DAN PEKERJAAN IBU MENYUSUI DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF

Posted on : Januari 3, 2017 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |
 ABSTRAK
 Berdasarkan Survey Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2002 Angka kematian bayi (AKB) adalah 35/1000 kelahiran hidup. Di Propinsi Bengkulu pada tahun 2007 tercatat dari 36.008 kelahiran hidup jumlah kematian bayi sebesar 424 atau 15,16/1000 kelahiran hidup. Salah satu upaya untuk menurunkan AKB adalah dengan memperhatikan gizi bayi melalui pemberian ASI eksklusif. Masalah masih rendahnya pemberian ASI eksklusif di Puskesmas Lingkar Timur Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pendidikan, pengetahuan dan pekerjaan ibu menyusui dengan pemberian ASI eksklusif.
Metode penelitian ini adalah deskriftif analitik dengan pendekatan cross sectional  dengan sampel sebanyak 60 orang responden, data diambil dari data primer dan data sekunder kemudian data dianalisis dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi dan chi square.
Hasil penelitian menunjukkan pendidikan X² hitung 8,10 > X² tabel 5,59 dengan ρ-0,01 X² tabel 5,59 dengan ρ-0,01 X² tabel 5,59 dengan ρ-0,01 < α -0,05 yang berarti ada hubungan antara pekerjaan ibu dengan pemberian ASI eksklusif.
Ada hubungan yang bermakna antara pendidikan, pengetahuan dan pekerjaan ibu menyusui dengan pemberian  ASI eksklusif. Oleh karena itu, petugas kesehatan diharapkan lebih menggalakkan penyuluhan tentang ASI eksklusif.

 

Kata kunci        : pendidikan, pengetahuan, pekerjaan, ASI eksklusif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd