HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN PELAKSANAAN PERAWATAN TALI PUSAT PADA BAYI UMUR 0-7 HARI

Posted on : Januari 3, 2017 | post in : HASIL PENELITIAN |Leave a reply |
ABSTRAK
Infeksi tali pusat sangat dipengaruhi oleh kualitas persalinan, perawatan tali pusat, serta kualitaspelayanan selama kehamilan. Survei pendahuluan yang penulis lakukan dari 45 bayi berumur 0-7 hari yang belum puput tali pusatnya, 3 diantaranya mengalami infeksi tali pusat. Penelitian ini bertujuan diketahui distribusi frekuensi pengetahuan ibu dan perawatan tali pusat serta hubungan pengetahuan ibu dengan pelaksanaan perawatan tali pusat pada bayi umur 0-7 hari di wilayah kerja Puskesmas Sidomulyo Kota Bengkulu.
Penelitian ini survey analitik pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini seluruh ibu yang mempunyai bayi berumur 0-7 hari pada bulan Mei-Juni tahun 2012 berjumlah 45 orang diambil secara total sampling. Analisis univariat untuk melihat distribusi frekuensi masing-masing variabel penelitian dan analisis bivariat untuk mengetahui hubungan kedua variabel menggunakan uji  chi square.
Hasil penelitian Sebagian besar ibu (84.4%) dengan pengetahuan perawatan tali pusat baik, Lebih dari separoh ibu (68.9%) sudah terampil dalam melakukan perawatan tali pusat, dan ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan pelaksanaan perawatan tali pusat di wilayah kerja Puskesmas Sidomulyo Kota Bengkulu.
Upaya meningkatkan pengetahuan ibu mengenai perawatan tali pusat perlu ditingkatkan, maka upaya-upaya yang penyuluhan terprogram oleh petugas Puskesmas untuk diberikan kepada ibu yang mempunyai bayi agar ibu dapat memahami bagaimana merawat tali pusat secara baik dan benar.

 

Kata Kunci: Pengetahuan, Perawatan Tali Pusat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Theme Designed Bymarksitbd